Doa Yang Dibaca Saat Ziarah Kubur

Berikut adalah contoh doa yang dapat dibaca saat ziarah kubur:

  1. Doa memasuki kuburan:

بِسْمِ اللّٰهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَا مُ عَلٰى رَسُوْلِ اللّٰهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَتِكَ فَاغْفِرْ لِيْ

Bismillaahi wassolaatu wassalaamu ‘alaa Rasuulillaahi, Allahumma innii as-aluka min fadhlika wa rohmatika, faghfirlī.

Artinya:

“Dengan nama Allah dan sholawat serta salam atas Rasulullah, Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari karunia dan rahmat-Mu, maka ampunilah aku.”

  1. Doa ketika berada di kuburan:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَيَرْحَمُ اللّهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ وَاِنَّا اِنْ شَاءَ اللّهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ

Assalaamu ‘alaikum ahlad-diyari minal-mu’minina wal muslimin, wa yarhamullahul mustaqdimiina minna wal musta’khiriin wa innaa in syaa-Allah bikum laahiquun.

Artinya:

“Salam sejahtera bagi kalian, wahai penghuni-penghuni kubur, dari orang-orang yang beriman dan orang-orang yang muslim. Semoga Allah merahmati orang-orang yang telah mendahului kami dan orang-orang yang masih tertinggal, dan sesungguhnya, jika Allah menghendaki, kami akan menyusul kalian.”

  1. Doa ketika meninggalkan kuburan:

اَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

As’alullah Lana wa lakumul ‘aafiyah.

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah kesejahteraan untuk kita dan kalian.”

Doa-doa di atas merupakan contoh doa yang dapat dibaca ketika ziarah kubur. Namun, doa adalah dialog personal antara kita dengan Allah, jadi Anda juga bisa memanjatkan doa pribadi Anda sendiri.

Bagikan ini di Media Sosial: