Doa Perpisahan Yang Mengharukan

Berikut adalah contoh doa perpisahan yang bisa Anda gunakan ketika berpisah dengan seseorang yang dicintai. Doa ini adalah adaptasi dari berbagai doa dan kutipan dalam tradisi Islam:

اللهم نشكرك على كل لحظة قد منحتها لنا لنكون معًا. نصلي أن تكون دائمًا هي الدليل في كل خطوة ستتخذ وفي كل قرار ستتخذ.

اللهم، اجعل هذا الفراق ليس نهاية للعلاقة، بل بداية لرحلة جديدة ستقربنا منك أكثر.

اللهم، نسألك أن تحمي وتبارك وتهدي [اسم الشخص الذي سيغادر] في كل خطوة يتخذها. ساعده في الصعوبات، وامنحه القوة في كل اختبار، واجعله دائمًا يتذكرك.

اللهم، نصلي أن نلتقي يومًا ما، وأنت تجمعنا مرة أخرى في حالة أفضل. حتى يأتي ذلك اليوم، اجعل كل ذكرياتنا دواءً للشوق وحافزًا للقيام دائمًا بالخير.

آمين.

Transliterasinya:

“Allahumma nashkuruka ‘ala kulli lahzatin qad mannahtaha lana linakun ma’an. Nas’ali an takun dayman hiya al-dalil fi kulli khatwatin satattakhidh wa fi kulli qararin sataattakhidh.

Allahumma, ija’al hadha al-firaq laysa nihayat lil ‘alaqah, bal bidayat li rihlatin jadidatin sa tuqarribuna minka akthar.

Allahumma, nas’aluka an tahmi wa tubarik wa tahdi [ism al-shakhs al-ladhi sayughadir] fi kulli khatwatin yattakhidha. Sa’idhu fi al-‘usur, wa’mnih al-quwwa fi kulli ikhtibar, waj’alhu dayman yatadhakkaruk.

Allahumma, nas’ali an naltaki yawman ma, wa anta tajma’una marratan ukhra fi halatin afdal. Hatta ya’ti dhalika al-yawm, ija’al kull dhikrayatina dawa’an lil-shawq wa hafizan lilqiam dayman bilkhair.

Amin.”

Artinya:

“Ya Allah, kami bersyukur atas setiap detik yang telah Engkau berikan kepada kami untuk bersama. Kami berdoa agar dalam setiap langkah yang akan diambil, dalam setiap keputusan yang akan dibuat, semoga Engkau selalu menjadi penuntunnya.

Ya Allah, jadikanlah perpisahan ini bukan sebagai akhir dari suatu hubungan, tapi sebagai awal dari suatu perjalanan baru yang akan membawa kami lebih dekat kepada-Mu.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu agar selalu melindungi, memberkahi, dan membimbing [nama orang yang akan pergi] dalam setiap langkahnya. Bantulah dia dalam kesulitan, berikanlah kekuatan dalam setiap cobaan, dan jadikanlah dia selalu ingat kepada-Mu.

Ya Allah, kami berdoa agar suatu saat nanti, Engkau pertemukan kami kembali dalam keadaan yang lebih baik. Sampai saat itu tiba, jadikanlah setiap kenangan kami sebagai penawar rindu dan sebagai dorongan untuk selalu berbuat baik.

Amin.”

Ingatlah bahwa perpisahan, meski mengharukan dan menyakitkan, seringkali merupakan bagian dari perjalanan hidup. Berdoalah dengan penuh keikhlasan dan keyakinan bahwa Allah selalu mengetahui yang terbaik untuk kita semua.

Bagikan ini di Media Sosial: